Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model TGT pada Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas II SDN Kota Bengkulu

Tarisa Yolanda, Neza Agusdianita, Ike Kurniawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Team Games Tournament(TGT) siswa kelas II B SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SDN 44 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika menggunakan model TGT. Hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 55,25 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,26%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas II B SDN 44 Kota Bengkulu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.