Efektivitas Kepala Sekolah Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstract
Keberhasilan implementasi kurikulum merdeka dipengaruhi oleh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kepala sekolah penggerak dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kepada guru, peserta didik, dan orang tua. Hasil survei menunjukkan bahwa kepala sekolah sudah efektif dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan presentase 82,14% guru, 60 % orang tua dan 60,17% murid memberikan penilaian 4 (konsisten dilakukan). Artinya Praktik yang diharapkan sudah konsisten dilakukan sesuai jadwal yang dimiliki. Dengan demikian, efektifitas kepemimpinan kepala sekolah sangat mendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka pada satuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.