Efektivitas Kepala Sekolah Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Susi Susanti, Tingtin Sumartini, Agustin Vera Dewi, Resti Andriyatni, Lutfi Nur

Abstract

Keberhasilan implementasi kurikulum merdeka dipengaruhi oleh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kepala sekolah penggerak dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kepada guru, peserta didik, dan orang tua. Hasil survei menunjukkan bahwa kepala sekolah sudah efektif dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan presentase 82,14% guru, 60 % orang tua dan 60,17% murid memberikan penilaian 4 (konsisten dilakukan). Artinya Praktik yang diharapkan sudah konsisten dilakukan sesuai jadwal yang dimiliki. Dengan demikian, efektifitas kepemimpinan kepala sekolah sangat mendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka pada satuan pendidikan.

Keywords

Efektivitas, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.