Penerapan Model Learning Cycle dengan Media Papan Pintar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Organ Tubuh Manusia bagi Siswa Kelas V SDN Arjosari Tahun Ajaran 2023/2024

Rina Resiana Dewi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar, (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar, (3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar, dan (4) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN Arjosari. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar dilakukan dengan langkah engage (melibatkan) dengan media papan pintar, explore (mengeksplorasi) dengan papan pintar, explain (menjelaskan) dengan papan pintar, elaborate (penerapan) dengan papan pintar, dan evaluation (evaluasi), (2) penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan persentase ketuntasan pada siklus I = 74,72%,  siklus II = 85,28%, dan siklus III = 87,64%, (3)  penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan persentase ketuntasan pada siklus I = 77,77%, siklus II = 88,88%, dan siklus III = 100%, dan (4) kendala yang dihadapi dalam penerapan model Learning Cycle dengan media papan pintar meliputi pengkondisian siswa yang sulit, siswa gaduh saat pembagian kelompok, dan siswa kurang aktif dalam menanggapi presentasi kelompok lain. Solusi yang diterapkan yaitu guru bersikap lebih tegas, guru mengajak siswa untuk membuat kesepakatan kelas, dan memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam menanggapi presentasi kelompok lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan media papan pintar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPAS tentang organ tubuh manusia bagi siswa kelas V SDN Arjosari tahun ajaran 2023/2024. 

Keywords

Learning Cycle, berpikir kritis, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.