Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret, (2) meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) meningkatkan hasil belajar siswa, (4) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa kelas III SD Negeri 3 Klapasawit berjumlah 16 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (1) orientasi siswa pada masalah; (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3) membimbing penyelidikan individu mauapun kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan model PBL dan media konkret yaitu rata-rata persentase siklus I = 73,67%, siklus II = 82,18%, siklus III = 91,32%. Kemudian terjadi peningkatan juga pada hasil belajar siswa dengan model PBL dan media konkret yati rata-rata persentase siklus I = 78,00%, siklus II = 90,62%, dan siklus III = 100%. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model PBL dengan media konkret antara lain; siswa masih pasif dalam menaggapi kelompok, siswa sulit dikondisikan ketika menggunakan media konkret, siswa masih malu untuk bertanya pada guru. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.