Hubungan antara Tingkat Perhatian Orang Tua dengan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MI Al-Islam Kartasura Tahun Ajaran 2023/2024

Lisnaini Pangestika, Suprapti Suprapti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Hubungan positif antara Tingkat Perhatian Orang Tua dengan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MI Al-Islam Kartasura Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional di MI Al-Islam Kartasura pada bulan November 2023-Januari 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IA, IB, IC sebanyak 61 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik proportionate random sampling dengan teknik perhitungan teknik slovin, dihasilkan sampel sebanyak 53 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes unjuk kerja kemampuan membaca dan penyebaran angket perhatian orang tua, analisis data dengan uji prasyarat (uji normalitas), serta uji hipotesis menggunakan teknik analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa rhitungrtabel yaitu sebesar 0,5880,271, dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Tingkat Perhatian Orang tua dengan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Islam Kartasura Tahun Ajaran 2023/2024, menunjukkan bahwa semakin tinggi tinggi tingkat perhatian orang tua, semakin tinggi kemampuan membacanya.

Keywords

Kata kunci: Perhatian Orang tua, Kemampuan Membaca Permulaan, Kelas I

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.