Penerapan Metode Games Based Learning dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS tentang Indonesiaku Kaya Raya Kelas V SD

Fera Indriyansyah, Wahyudi Wahyudi, Ratna Hidayah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan metode GBL dengan media interakti, meningkatkan hasil belajar IPAS, kendala dan solusi yang ditemui. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik kelas V SDN 1 Adikarso. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian penerapan metode GBL dengan media interaktif melalui langkah-langkah: (a) mempersiapkan game yang dipilih, (b) menjelaskan konsep (c) menjelaskan aturan bermain, (d) bermain game, (e) merangkum pengetahuan, (f) melakukan refleksi. Ketuntasan hasil belajar siklus I = 80.44%, siklus II = 86.36%, siklus III = 100%.  Disimpulkan metode GBL dengan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V SDN 1 Adikarso. Kendala yang dijumpai peserta didik tidak menerima hasil permaianan, solusinya guru memberi pengertian kepada peserta didik untuk bertanggung jawab menerima hasil yang didapatkan.

Keywords

games based learning, media interaktif, hasil belajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.