Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dalam Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang melalui Model Open Ended Learning dengan Media Konkret di Kelas IVA SDN 4 Kedawung Tahun Ajaran 2023/2024

Rifki Anggriawan, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Open Ended Learning dengan media konkret, (2) menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah Matematika tentang bangun ruang, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapannya. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 4 Kedawung. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini yaitu (1) penerapan model Open Ended Learning dilaksanakan melalui langkah-langkah (a) orientasi masalah dengan media konkret, (b) penyajian masalah terbuka dengan media konkret, (c) pengerjaan masalah terbuka secara individu, (d) diskusi kelompok tentang masalah terbuka, (e) presentasi hasil diskusi kelompok, dan (f) penutup, (2) terjadi peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa pembelajaran Matematika yaitu rata-rata persentase ketuntasan siswa dalam memecahkan masalah siklus I sebesar 67,86%, siklus II sebesar 83,93% dan siklus III sebesar 89,29%, dan (3) kendala pada penelitian ini yaitu siswa tidak maksimal dalam mengerjakan masalah secara individu, sedangkan solusi yang diberikan guru yaitu guru lebih memotivasi dan membimbing siswa agar mampu menyelesaikan masalah terbuka secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Open Ended Learning dengan media konkret dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah Matematika pada siswa kelas IVA SD Negeri 4 Kedawung tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

kemampuan memecahkan masalah, Open Ended Learning, media konkret

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.