Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik, (2) meningkatkan hasil belajar IPAS, serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh. Persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I = 75,00%, siklus II = 83,34%, dan siklus III = 91,67%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model PBL berbantuan LKPD elektronik dapat meningkatkan hasil belajar IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.