Penerapan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Prembun Tahun Ajaran 2023/2024

Akhmad Yusron Santoso, Tri Saptuti Susiani, Suhartono Suhartono

Abstract

Membaca tidak hanya melafalkan sebuah tulisan namun juga harus memahami isinya. Banyak siswa yang sekadar membaca tanpa memahami isi bacaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode PQRST untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V; (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V dengan metode PQRST. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I, II, dan III dan teknik analisis data interaktif menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah metode ini yaitu  (a) preview; (b) question; (c) read; (d) summarize; (e) test. Hasil analisis data pada siklus I, II, dan III siswa semakin membaik. Siswa yang terampil membuat dan menjawab pertanyaan pemandu pada siklus I ke  II hasilnya 3,57% dan pada siklus II ke III hasilnya  bertambah 7,15%. Siswa yang terampil meringkas cerita pada siklus I ke II hasilnya 10,71% dan pada siklus II ke III meningkat 3,57%. Siswa yang terampil mengerjakan soal pilihan ganda pada siklus I ke II hasilnya 7,14% dan pada siklus II ke III hasilnya bertambah 7,15%. Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa penerapan metode PQRST dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 2 Prembun.

Keywords

PQRST Method, Skills, Reading Comprehension

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.