Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia untuk Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Tentang Segi Empat pada Siswa Kelas IV
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika, dan meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jemur berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif penelitian ini berupa informasi tentang pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan proses pembelajaran matematika segi empat menggunakan multimedia di SD Negeri Jemur. Data penelitian kuantitatif ini didasarkan pada hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran IV. Problem Based Learning (PBL) menggunakan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (1) mengorientasi masalah pada siswa dengan multimedia; (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3) membantu siswa untuk melakukan penyelidikan secara individu dan kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika tentang segi empat. Hasil peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 78,57%, siklus II sebesar 83,335%, dan siklus III sebesar 88,095%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika tentang segi empat kelas IV SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.