Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa tentang operasi hitung campuran melalui model Discovery. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama 3 siklus. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Terdapat enam langkah penerapan model Discovery Learning berbantuan media konkret yakni (1) stimulasi dengan papan pecahan dan video pembelajaran; (2) identifikasi masalah; (3) pengumpulan data dengan berdiskusi; (4) pengolahan data dengan LKPD; (5) pembuktian; (6) penarikan kesimpulan. Hasil rata-rata tes berpikir kritis siklus I tergolong rendah (73,50%). Siklus II tergolong baik (80,25%), dan siklus III tergolong baik (82,75%). Sedangkan persentase rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 38% dengan rata-rata kelas 71,5, persentase siklus I pertemuan 2 sebesar 54% dengan rata-rata kelas 77,7, persentase siklus II pertemuan 1 sebesar 61% dengan rata-rata 81, persentase siklus II pertemuan 2 sebesar 77% dengan rata-rata 85, persentase siklus III sebesar 92% dengan rata-rata sebesar 87,7.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.