Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS tentang Bentuk Indonesiaku pada Siswa Kelas V SDN 2 Karangsari Tahun Ajaran 2023/2024

Raeza Pradeka Rahmawati, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa SDN 2 Karangsari dikarenakan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui model PjBL berbantuan media Crossword Puzzle. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa kelas V SDN 2 Karangsari. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SDN 2 Karangsari menyatakan bahwa penerapan model PjBL berbantuan Crossword Puzzle yaitu, (a) orientasi masalah mendasar, (b) mendesain proyek berbantuan media Crossword Puzzle, (c) menyusun jadwal penyelesaian proyek IPAS berbantuan media Crossword Puzzle, (d) memonitor kemajuan proyek IPAS, (e) menguji proses dan hasil proyek IPAS berbantuan media Crossword Puzzle, (f) evaluasi proyek IPAS berbantuan media crossword puzzle. Ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I = 73.08%, siklus II = 88.46%, siklus III = 92.03%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V SDN 2 Karangsari.

Keywords

project based learning, crossword puzzle, social and natural science learning outcomes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.