Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Aplikasi Liveworksheet untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2023/2024

Rahayu Fitriyani, Wahyudi Wahyudi, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL), (2) meningkatkan pembelajaran matematika dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian yakni guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun. Data yang digunakan, data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan langkah (1) orientasi masalah, (2) mengorganisasi, (3) penyelidikan, (4) menyajikan hasil, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi yang dikombinasikan dengan aplikasi Liveworksheet menyatakan persentase ketuntasan penilaian ranah kognitif siklus I=71,69, siklus II=86,84, dan siklus III=94,74. Kendala dan solusi penelitian, terdapat siswa yang belum berani mengemukakan pendapat sehingga guru perlu memberikan stimulus dan motivasi. Kesimpulan, penerapan model PBL dengan aplikasi Liveworksheet dapat meningkatkan pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun.

Keywords

Problem Based Learning (PBL);aplikasi Liveworksheet;pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.