Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Daerah Bangun Datar Melalui Model Problem Based Learning dengan Media Konkret pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedungagung Tahun Ajaran 2023/2024

Anisa Amalia, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah model PBL dengan media konkret, (2) meningkatkan hasil belajar matematika materi luas daerah bangun datar melalui model PBL dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui. Hasil penelitian: (1) langkah model PBL dengan media konkret meningkatkan hasil belajar matematika materi luas daerah bangun datar yaitu: (a) orientasi masalah dengan media konkret, (b) pengorganisasian siswa, (c) pembimbingan dan penyelidikan siswa, (d) pengembangan dan penyajian diskusi, (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah; (2) siklus I = 67,31%, siklus II = 82,70%, dan siklus III = 92,30%; (3) kendala pada penelitian ini yaitu:  (a) kurangnya kerjasama saat diskusi, (b) siswa sulit dikondisikan, (c) siswa pasif menanggapi dan bertanya (d) siswa kurang fokus, (e) siswa bermain sendiri, dan (f) siswa belum percaya diri untuk presentasi. Solusinya yaitu: (a) guru mengarahkan tugas tiap anggota, (b) guru menekankan tata tertib, (c) guru memberikan stimulus dan apresiasi, (d) guru melakukan ice breaking, (e) guru mengawasi siswa, dan (f) guru memberikan stimulus dan motivasi. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi luas daerah bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.