Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran SBdP Materi Menggambar Cerita di SD Negeri Taman Pagelaran Bogor Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menjelaskan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi menggambar cerita, (2) mengetahui hasil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi menggambar cerita, dan (3) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data penelitian ini meliputi tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini yaitu, (1) pelaksanaan pembelajaran menggambar cerita di SD Negeri Taman Pagelaran Bogor masih belum seluruhnya berjalan dengan baik; (2) hasil karya siswa dalam menggambar cerita cukup baik dengan nilai rata-rata 80 dengan kategori baik 15 siswa, kategori sedang 8 siswa, dan kategori kurang 3 siswa; (3) faktor pendukung di antaranya adanya guru SBK dan peranan dan fasilitas yang diberikan orang tua, dengan faktor penghambat di antaranya beberapa siswa sulit diatur, kurang bersungguh – sungguh, dan pemanfaatan sumber belajar ketika berkarya yang kurang tepat bagi siswa, ruang perpustakaan tidak cukup luas.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.