Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah IKM Mandiri Berubah

Ois Mukhlisin, Liska Auliyani Daswati, Aang Sutisna, Saepudin Saepudin

Abstract

Kurikulum Merdeka dirasa sulit diterapkan oleh sekolah terutama sekolah IKM Mandiri Berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika penerapa kurikulum merdeka yang dialami oleh sekolah IKM Mandiri Berubah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara. Subjek penelitian ini guru kelas I dan kelas IV di Kabupaten Ciamis, yang sampelnya adalah SDN 4 Panjalu, SDN 1 Sukaresik, dan SD IT Al-Amin Kabupaten Ciamis. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, banyak sekali kendala, kesulitan atau problematika yang dirasakan oleh guru karena harus mencari informasi, melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara mandiri tanpa adanya bimbingan langsung dari pemerintah seperti yang dilaksanakan oleh sekolah penggerak. Problematika tersebut terkait dengan pemahaman atau kompetensi guru, kolaborasi dengan rekan kerja, dana, sarana dan prasarana, aktivitas dan kemampuan peserta didik, sumber belajar dan materi ajar, media pembelajaran, pengelolaan kelas, administrasi kelas, serta terkait Assessment atau Penilaian.

Keywords

IKM Mandiri Berubah, Kurikulum Merdeka, problematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.