Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Etty Maryati Salim, Edy Edy, Kaimudin Kaimudin, Supriyatin Supriyatin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri Meruyung.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 55 orangtua dan siswa SD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi, tes dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) bimbingan orang tua anak tinggi berjumlah 19 orang (35%), sedang berjumlah 24 orang (44%), dan rendah berjumlah 12 orang (21%); (2) kemampuan anak membaca Al-Qur’an tinggi berjumlah 12 orang (22%), sedang berjumlah 32 orang (58%), dan rendah berjumlah 11 orang (20%); serta (3) bimbingan orang tua memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan anak membaca Al-Qur’an dengan r tabel maka taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 0,273 < 0,992 > 0,354. Penelitian ini berkesimpulan bahwa bimbingan orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an.”

 

Keywords

Bimbingan orang tua, kemampuan membaca Al-Qur’an, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.