Pengembangan Bahan Ajar IPA Pada Materi Perpindahan Kalor Terintegrasi Kearifan Lokal Bakar Batu Papua Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD

Muhamad Irman, Indah Slamet Budiarti, Kusdianto Kusdianto

Abstract

Bahan ajar yang efektif adalah bahan ajar yang relevan dengan alam sekitar dan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar IPA yang terintegrasi dengan kearifan bakar batu Papua, menganalisis kelayakan produk, dan menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan metode Borg and Gall. Jumlah sampel 30 peserta kelas V.A dan V.C. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu intrumen wawancara, lembar validasi ahli media, materi dan bahasa, kuesioner, dan tes pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli materi, dan ahli bahasa, dan validasi guru kategori sangat valid. Respon peserta didik pada uji kelas terbatas diperoleh kategori sangat valid, serta diperoleh peningkatan nilai. Penelitian ini menunjukkan bahan ajar IPA terintegrasi kearifan lokal bakar batu Papua layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.   

Keywords

Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Bakar Batu

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.