Korelasi Keaktifan Berorganisasi, Kepemimpinan Diri dan Prestasi Akademik Mahasiswa: Faktor Penunjang Akreditasi Perguruan Tinggi

Enricho Fiktorando Purba, Rosmala Dewi, Saut Purba, Sukarman Purba

Abstract

Prestasi mahasiswa berdampak terhadap akreditasi perguruan tinggi. Prestasi mahasiswa diepengaruhi oleh beberapa faktor termasuk keaktifan berorganiasi dan kepemimpinan diri. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan menguji apakah keaktifan berorganisasi, kepemimpinan diri berhubungan positif dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan angket google form online.. Kemudian, data diolah secara deskriptif kuantitatif untuk melihat kecendrungan hasil setiap variabel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi, kepemimpinan diri, prestasi akademik masuk kategori yang tinggi. Selanjutnya, hasil analisis korelasi menemukan bahwa keaktifan berorganisasi memiliki hubungan positif dengan kepemimpinan diri pada kategori sedang (0,052); keaktifan berorganisasi memiliki hubungan positif dengan prestasi akademik pada kategori sedang (0,046). Namun berbeda dengan kepemimpinan diri yang memiliki hubungan negatif dengan prestasi akademik yang sempurna (-1). Hal ini terjadi banyak faktor lain yang memengaruhi prestasi akademik. Meskipun demikian, hasil wawancara dengan beberapa partisipan justru menyatakan sebaliknya bahwa kepemimpinan diri berdampak positif terhadap prestasi akademik mereka.

Keywords

academic achievement, organizational activity, self-leadership, college accreditation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.