Pengaruh Media Animasi Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Kelas 3 Pada Pembelajaran IPA
Abstract
Pentingnya sikap peduli terhadap lingkungan memiliki peranan sentral dalam mengaplikasikan konsep pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi seperti media video animasi, untuk menyampaikan informasi kepada anak-anak mengenai masalah sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah memastikan bahwa implementasi pembelajaran dapat mencapai hasil maksimal dengan dukungan media animasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah tipe desain kuantitatif pre-eksperimental, dengan menggunakan pendekatan One Group Pretest Posttest. Hasil analisis data yang telah dilakukan di SD Pananjung Garut menunjukkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung ≤ ttabel, dengan nilai 6,698 ≤ 1,711, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media animasi memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa SD Kelas 3.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.