Pengaruh Media Animasi Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Kelas 3 Pada Pembelajaran IPA

Widdy Sukma Nugraha, Asye Rachmawati

Abstract

Pentingnya sikap peduli terhadap lingkungan memiliki peranan sentral dalam mengaplikasikan konsep pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi seperti media video animasi, untuk menyampaikan informasi kepada anak-anak mengenai masalah sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah memastikan bahwa implementasi pembelajaran dapat mencapai hasil maksimal dengan dukungan media animasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah tipe desain kuantitatif pre-eksperimental, dengan menggunakan pendekatan One Group Pretest Posttest. Hasil analisis data yang telah dilakukan di SD Pananjung Garut menunjukkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung ≤ ttabel, dengan nilai 6,698 ≤ 1,711, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media animasi memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa SD Kelas 3.

   

Keywords

Media Animasi, Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.