Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Claudya Zahrani Susilo, Ratih Asmarani, Muhammad Nuruddin, Hawwin Fitra Raharja

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan mahasiswa PGSD dalam mengajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi pada riset ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu mahasiswa semester IV-B. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuan dasar mengajar. Tujuan dari riset ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan mahasiswa dalam mengajar. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai sig 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PGSD Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang.

Keywords

problem based learning, keterampilan mengajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.