Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Berbasis Literasi Digital Dengan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Secang 1

Asyifa Nur Khauzanah, Krisma Widi Wardani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui literasi digital dengan penerapan model Project Based Learning siswa kelas V SD Negeri Secang 1. Tindakan ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, yang berakibat pada penurunan hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup serangkaian persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPAS dilihat melalui perkembangan kegiatan pra-siklus sebesar 36,8%. Peningkatan ini kemudian menjadi 73,7% pada siklus I, dan akhirnya menjadi 100% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan perkembangan yang signifikan. Awalnya pada pra-siklus, hasil belajar mencapai 47,37%. Namun setelah pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan sebesar 73,68%. Peningkatan ini terus berlanjut pada siklus II sebesar 94,74%.

Keywords

Project Based Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.