Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Terintegrasi Karakter Islami Kelas 3 Tema 5 SD Negeri Pekutan

Anggit Wulung Piraseto, Ashari Ashari, Nur Ngazizah

Abstract

Pembelajaran di era digital perlu mengintegrasikan pembelajaran berbasis teknologi namun tetap memperhatikan karakter peserta didik agar berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis problem solving terintegrasi karakter Islami kelas 3 tema 5. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan multimedia interaktif dari ahli materi sebesar 4,00 (sangat valid), ahli media sebesar 3,22 (valid) dan praktisi 3,75. Kepraktisan multimedia dilihat dari lembar respon peserta didik uji coba terbatas sebesar 3,51 dan uji coba diperluas sebesar 3,8 (sangat praktis) sedangkan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai 3,72 (sangat praktis). Kefektifan multimedia interaktif memperoleh nilai 85,8% (sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis problem solving terintegrasi karakter Islami pada tema 5 dinyatakan layak dengan mencakup tiga aspek yaitu valid, praktis, dan efektif.

Keywords

Multimedia Interaktif, Problem solving, Karakter Islami

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.