Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Kedungsari Tahun Ajaran 2022/2023

Sharas Adelia, Moh Salimi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, meningkatkan hasil belajar IPA, serta mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar IPA tentang pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda. Persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa siklus I = 65,21%, siklus II = 84,77%, siklus III = 91,30%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kedungsari tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Problem Based Learning, hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.