Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kewangunan Tahun Ajaran 2022/2023

Wiwit Prihatin, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini dimana kemajuan teknologi berkembang pesat pendidikan menjadi sarana utama untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Pendidikan saat ini dituntut agar mampu mencetak generasi yang mandiri dan kemauan yang besar. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share, (2) meningkatkan hasil belajar IPS, (3) mendeskripsikan kendala dan sulusi penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus dengan subjek penelitian yaitu guru dan 14 peserta didik kelas V SDN 1 Kewangunan. Hasil penelitian mnunjukkan (1) penerapan model kooperatif tipe think pair share dengan langkah, thinking, pairing, dan sharing; (2) hasil belajar IPS tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi Indonesia meningkat; (3) kendala yang terdapat pada penelitian ini, yaitu: peserta didik kurang fokus, belum bisa bekerja sama dengan pasangannya, kesulitan dalam memikirkan jawaban dari pertanyaan, belum berani menyampaikan pendapat, kurang memperhatikan presentasi temannya. Adapun solusinya yaitu guru bersikap lebih tegas, memberikan arahan dan motivasi kepada peserta didik. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Keywords

think pair share, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.