Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Satuan Waktu Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran Matematika tentang satuan waktu pada siswa kelas III melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini ialah guru kelas dan siswa kelas III SD Negeri 1 Kebadongan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran Matematika tentang satuan waktu dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret. Persentase ketuntasan hasil belajar matematika mengalami pada siklus I = 70,05%, siklus II = 76,67%, dan pada siklus III = 93,34%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika materi stuan waktu pada siswa kelas III SD Negeri 1 Kebadongan tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Problem Based Learning, concrete media, unit of time
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.