Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Inggil Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Karanggude Tahun Ajaran 2022/2023

Nurul Anjarwati, Ngatman Ngatman, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah, meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model kooperatif tipe make a match dengan media flash card. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian yaitu, guru dan siswa kelas III SD Negeri 3 Karanggude. Analisis data melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase aspek keterampilan berbicara siklus I = 66,66%, siklus II = 86,11%, dan siklus III = 94,44%. Persentase ketuntasan nilai kognitif keterampilan berbicara siklus I = 61,9%, siklus II = 80,95, siklus III = 90,47%. Kesimpulan penelitian ini yaitu, model kooperatif tipe make a match dengan media flash card dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil kelas III SD Negeri 3 Karanggude tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

kooperatif, make a match, flash card, keterampilan berbicara bahasa Jawa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.