Pengembangan LKPD Project Based Learning Mata Pelajaran Seni Rupa Materi Shadow Puppet (Wayang) di Kelas IV SDN 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023

Puji Dwi Rahayu, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penunjang kegiatan belajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) sangat dibutuhkan dalam pembelajaran model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, menganalisis kelayakan, dan menguji keefektifan LKPD PjBL mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet (wayang) di kelas IV SDN 2 Kebadongan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Prosedur Penelitian dan Pengembangan ini diadaptasi dan modifikasi dari Borg dan Gall dan Sukmadinata yang terdiri dari tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji kelayakan diperoleh dari aspek bahasa, materi, dan media dengan rata-rata skor Indeks Aiken V sebesar 0,88 dengan kriteria sangat valid dan rata-rata skor Indeks Aiken V dari pendidik dan peserta didik sebesar 0,68 dengan kriteria valid. Uji keefektifan diperoleh dari rata-rata skor N-Gain tertinggi pada kelompok eksperimen sebesar 0,49 termasuk peningkatan sedang dan effect size sebesar 1,15 termasuk kategori efek kuat, maka LKPD efektif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. Sehingga disimpulkan LKPD project based learning mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet (wayang) layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD.

Keywords

student worksheet based on project based learning, fine art, shadow puppet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.