Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri Kawedusan Tahun Ajaran 2022/2023

Restu Utari, Muhamad Chamdani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model PBL dengan media konkret dan meningkatkan pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN Kawedusan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan nontes. Triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk validitas data. Hasil penelitian menunjukkan langkah penerapan model PBL dengan media konkret, yaitu: mengorientasi siswa pada masalah dengan media konkret,  mengorganisasikan siswa belajar kelompok dengan media konkret,  membimbing siswa melakukan penyelidikan dengan media konkret, mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi dengan media konkret, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dengan media konkret. Penerapan model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika, dibuktikan melalui persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus I = 85,71%, siklus II = 89,26% dan siklus III = 92,86%. Kesimpulan, model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kawedusan tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Concrete Media, Mathematics Learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.