Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 TA 2022/2023

Khoirun Nisa, Uswatun Khasanah, Wiwik Sulistiyaningsih

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media gambar pada kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan studi dokumen. Peningkatan hasil belajar dibatasi pada kemampuan kognitif peserta didik yang dapat bersumber pada nilai rata-rata peserta didik pada tiap siklusnya. Hasil menunjukkan bahwa dengan penggunaan model PBL berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2. Hasil belajar siklus I dengan rata-rata 70,62 dan ketuntasan klasikal 55,77%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi rata-rata 86,46 dengan ketuntasan klasikal 82,69%. Penggunaan model PBL dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran serta karena masalah yang dihadirkan pada pembelajaran merupakan hal yang terjadi dalam kehidupan mereka makan peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Media gambar membantu peserta didik memahami hal abstrak sehingga lebih mudah untuk diterima dan dipahami oleh peserta didik.

Keywords

PBL, Media Gambar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.