Penerapan Model Cooperative Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kerja Sama

Restu Anisa Wardanik, Kartika Chrysti Suryandari, Moh Salimi

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan kebijakan baru pemerintah dalam pendidikan salah satunya aspek kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profil pelajar pancasila aspek kerja sama siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model group investigation diperoleh hasil persentase pada siklus I = 77,31%, siklus II = 83,21%, siklus III = 90,27. Kerja sama siswa diperoleh hasil pada siklus I = 74,14%, siklus II = 80,25%, siklus III = 87,18%. Dampak pengiring diperoleh hasil pada siklus I = 75,34%, siklus II = 81,25%, siklus III = 88,14%. Dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation meningkatkan profil pelajar pancasila apek kerja sama dalam penyelidikan.

Keywords

GI, Kerja Sama, Profil Pelajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.