Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kemandirian Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV

Nora Puji Evy Damayanti, Kartika Chrysti Suryandari, Ngatman Ngatman

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model inkuiri terbimbing dengan media konkret untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek kemandirian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kaligowong pada siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 15 siswa putri dan 15 siswa putra. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil kemandirian siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70,11%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,78%, dan pada siklus III meningkat menjadi 89,39%.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu meningkatkanya profil pelajar Pancasila aspek kemandirian melalui implementasi model inkuiri berbantuan media konkret pada pembelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya siswa kelas IV SDN 2 Kaligowong tahun ajaran 2022/2013.


  

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.