Upaya Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Materi Bangun Datar Kelas I SD Muhammadiyah Pakel Tahun Ajaran 2022/2023

Widanti Widanti, Nani Aprilia, Rina Suci Wulandari

Abstract

Proses pembelajaran saat ini seharusnya disesuaikan dengan gaya pembelajaran pada Abad 21 dan paradigma baru sehingga diharapkan peserta didik memiliki keterampilan yang sesuai dengan Abad 21. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning pada materi bangun datar kelas I SD Muhammadiyah Pakel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase kerjasama peserta didik pada siklus I sebesar 69.52% dan pada siklus II meningkat menjadi 85.48%. Persentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 57.14% dan meningkat menjadi 82.14%. Kesimpulan peneilitian ini yaitu model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar kelas I SD Muhammadiyah Pakel tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

kerjasama, hasil belajar, problem based learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.