Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Pecahan Kelas 2A SDN Pakel Tahun 2022/2023

Yayang Dela Puspita Ayu, Laila Fatmawati, Tri Krismilah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan hasil pengamatan bahwa peserta didik lebih suka mengerjakan tugas secara individu, kurangnya sikap kerjasama yang dimiliki oleh peserta didik, dan hasil belajar yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kerjasama dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas 2A. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I pertemuan 1 sebesar 72,17%, siklus 1 pertemuan 2 sebesar 79,80%. Perolehan siklus II pertemuan 1 ssebesar 83,25%, siklus II pertemuan 2 sebesar 86,95% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 34,48%, siklus I 62,07% dan meningkat pada siklus II sebesar 86,21% menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan sangat baik. Dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar.

Keywords

Model Problem Based Learning, Kerjasama, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.