Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023

Fina Hastiwi, Uswatun Khasanah, Sri Wahyuningsih

Abstract

Penelitian ini didasarkan untuk mengembangkan model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif peserta didik dan meningkatkan pemahaman konsep materi IPAS. Keaktifan peserta didik merupakan faktor penting yang berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian tindakan kelas dilakukan dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian, kesimpulan. Metode penelitian melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar. Keaktifan dinilai berdasarkan partisipasi dalam diskusi, kemampuan berpikir kritis, dan kerjasama dalam kelompok. Hasil belajar diukur melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan tahap prasiklus persentase keaktifan yaitu 50%, siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II mencapai 83%. Peningkatan hasil belajar tahap prasiklus 40,74%, siklus I sebesar 53,69% dan siklus II mencapai 81,33%. Hasil yang diperoleh menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPAS.

Keywords

Keaktifan, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.