Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA Tentang Zat Tunggal dan Zat Campuran pada Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini mengulas tentang keterampilan proses IPA pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan tujuan mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses IPA yaitu orientasi masalah, pengorganisasian, pembimbingan, penyajian hasil, dan analisis evaluasi pemecahan masalah. Subjek diambil dari guru dan siswa dengan berjumlah 28 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data yang dipakai kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Teknik uji validitas berupa triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan proses siswa meningkat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa telah berani berpendapat, berkomunikasi, dan bereksperimen Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses IPA tentang zat tunggal dan zat campuran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.