Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan-kerajaan di Nusantara pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adiarsa Tahun Ajaran 2022/2023

Riyadhotul Mukaromah, Muhamad Chamdani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning dengan media audio visual, (2) meningkatkan pembelajaran IPAS, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model Problem Based Learning dengan media audio visual. Langkah-langkahnya yaitu: (1) orientasi masalah, (2) Mengorganisasikan siswa, (3) membimbing penyelidikan siswa, (4) menyajikan hasil kerja atau diskusi, (5) Menganalisis serta mengevaluasi proses. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara,dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 1 Adiarsa yang berjumlah 15 orang. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dihasilkan menunjukkan peningkatan pembelajaran IPAS tentang kerajaan-kerajaan di Nusantara dengan persentase siklus I sebesar 83,33%, siklus II sebesar 88,16% dan siklus III sebesar 92,50%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learningdapat meningkatkan hasil pembelajaran IPAS materi kerajaan-kerajaan di Nusantara pada siswa kelas IV SDN 1 Adiarsa tahun ajaran 2022/2023. 

Keywords

Problem-Based Learning, audio visual, learning, social science

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.