Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret; (2) meningkatkan pembelajaran IPS; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, tes, dan rubrik penilaian keterampilan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5C SD Negeri 1 Kutosari. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) yaitu: (a) merancang proyek; (b) merancang penyelesaian proyek; (c) menyusun jadwal pelaksanaan; (d) menyelesaikan proyek; (e) presentasi; serta (f); mengevaIuasi proses dan hasiI, (2) pembelajaran IPS meningkat dengan persentase siklus I = 88,63%, siklus II = 93,17%, dan siklus III = 95,45%. Kendala dalam penelitian: (a) siswa sulit dikondisikan dan (b) manajemen waktu siswa kurang. Solusi yang diberikan: (a) guru lebih tegas; (b) guru mengingatkan batas waktu. Hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas 5C SD Negeri 1 Kutosari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.