Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Kepil Tahun Ajaran 2022/2023

Zakia Nur Aini, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan langkah-langkah Problem Based Learning dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran matematika, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SDN 3 Kepil. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning dengan media konkret. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I= 82,5%, siklus II= 85%, dan siklus III= 90%. Kendala yang ditemui yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN 3 Kepil tahun ajaran 2022/2023.


 

Keywords

problem-based learning, matematika, media konkret

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.