Upaya Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret bagi Siswa Kelas V SD

Alfina Tri Buanawati, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD diharapkan dapat mengembangkan sikap ilmiah, keterampilan proses, dan hasil belajar ranah kognitif melalui permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Problem Based Learning dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran IPA, serta mendeskripsikan kendala dan solusi saat pembelajaran. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SDN Bendogarap. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat lima langkah penerapan model PBL dengan media konkret. Persentase penilaian sikap pada siklus I 76,38%, siklus II 87,50%, dan siklus III 94,44%. Persentase keterampilan proses siklus I 79,99%, siklus II 87,50%, dan siklus III 93,33%. Persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus I 80,34%, siklus II 86,53%, dan siklus III 88,46%. Kendala yang dijumpai yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang siklus air pada siswa kelas V SDN Bendogarap tahun ajaran 2022/2023.

  

Keywords

Problem Based Learning, media konkret, IPA

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.