Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Media Kubus Satuan Balok (Busaba) di Siswa Kelas V SDN 1 Selang Tahun Ajaran 2022/2023

Alda Saputri, Suhartono Suhartono, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media kubus satuan balok (busaba) dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang; (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang melalui penerapan pendekatan RME dengan media kubus satuan balok (busaba); (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan RME dengan media kubus satuan balok (busaba) dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Selang. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar siswa tentang bangun ruang pada siklus I dan siklus II. Simpulan pada penelitian ini yaitu bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan media busaba pada siswa kelas V SD negeri 1 Selang tahun ajaran 2022/2023 dapat meningkat.

Keywords

Realistic Mathematic Education, learning outcomes, mathematic

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.