Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas VB SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2022/2023

Hana Salsabila, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah model Problem Based Learning dengan multimedia, meningkatkan hasil belajar IPS, dan mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui selama pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VB SDN 4 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan multimedia. Persentase hasil belajar siklus I mencapai 80,77%. siklus II mencapai 88,46%, dan siklus III mencapai 92,31%. Salah satu kendala yang ditemui adalah siswa kesulitan menggunakan quizizz untuk mengerjakan evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VB SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Problem Based Learning, multimedia, hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.