Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Interaktif

Agung Tri Pambudi Sejati, Suhartono Suhartono, Kartika Crysti Suryandari

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model PBL berbantuan LKPD interaktif, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tentang suhu dan kalor, dan mendeskripsikan dampak pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan LKPD interaktif. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan subjek seorang guru dan 28 siswa kelas V SDN Wirogaten Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, penerapan model PBL berbantuan LKPD interaktif adalah mengorientasi masalah, mengorganisasi siswa, mengarahkan siswa dalam penyelidikan, mempresentasikan hasil karya, dan mengevaluasi pemecahan masalah dalam LKPD interaktif. Kedua, penerapan model PBL berbantuan LKPD interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terbukti dengan persentase ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada awal siklus 63% menjadi 86% diakhir siklus. Ketiga, dampak pembelajaran dalam penerapan model PBL berbantuan LKPD interaktif yaitu siswa semakin aktif dan kemampuan berpikir kritisnya meningkat. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model PBL berbantuan LKPD interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDN Wirogaten  Tahun Ajaran 2022/2023.

Keywords

Problem Based Learning; interactive worksheets; critical thinking skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.