Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas VA SDN 2 Kebulusan

Dinna Rosiana, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning dengan media Lectora Inspire, meningkatkan hasil belajar IPA, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas VA SDN 2 Kebulusan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) penerapan model Problem Based Learning dengan media Lectora Inspire dilaksanakan melalui langkah: (a) orientasi masalah dengan media Lectora Inspire, (b) pengorganisasian belajar dengan media Lectora Inspire, (c) pembimbingan siswa dengan media Lectora Inspire, (d) penyajian hasil kerja, (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah dengan media Lectora Inspire, (2) Penerapan model Problem Based Learning dengan media Lectora Inspire dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (3) kendala penelitian ini diantaranya yaitu siswa belum aktif dalam pembelajaran. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa, serta selalu memberi stimulus agar siswa terbiasa menanggapi dan bertanya jawab.

Keywords

Problem Based Learning, Lectora Inspire, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.