Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Materi Daily Activites Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas IVA SDN 1 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023 melalui media flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Data yang dianalisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilaian keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siklus I sebesar 67,5%, siklus II sebesar 81,66%, dan siklus III sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.