Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bonjoklor Tahun Ajaran 2022/2023

Tantri Ratnasari, Anwar Senen, Ni Putu Sri Sutari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan nilai karakter disiplin peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning, (2) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini guru dan peserta didik kelas III yang berjumlah 9 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Teknik uji validitas data menggunakan validitas konstrak, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Data pada pratindakan terdapat 1 peserta didik atau 11,11% yang memiliki nilai karakter disiplin dengan kriteria membudaya, setelah pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh hasil peserta didik dengan nilai karakter disiplin kriteria membudaya menjadi 3 peserta didik atau 33,33%. Pada siklus II diperoleh hasil nilai karakter disiplin peserta didik dengan kriteria membudaya meningkat mencapai 8 peserta didik atau 88,88%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan langkah-langkah mengorientasikan pada masalah; mengorganisasi untuk belajar; membantu penyelidikan; mempresentasikan pekerjaan; serta analisis dan evaluasi dapat meningkatkan nilai karakter disiplin peserta didik kelas III SD Negeri 1 Bonjoklor tahun ajaran 2022/2023

Keywords

Problem Based Learning, Nilai Karakter, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.