Analisis Pelaksanaan Karakter Peduli Sosial di SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2019/2020

Rifa Alimah, Ngatman Ngatman, Ratna Hidayah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan karakter peduli sosial dan mendeskripsikan kendala dan solusi dalam pelaksanaan karakter peduli sosial di SD Negeri 1 Kutosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumen berupa foto, teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi kemudian subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dan kelas V. Hasil penelitian ini pelaksanaan karakter peduli sosial dilaksanakan oleh guru melalui strategi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, budaya sekolah, dan mata pelajaran. Karakter peduli sosial meliputi aspek tolong menolong, tenggang rasa, toleransi, empati, aksi sosial, akhlak mulia, kerja sama, disiplin, dan peduli. Kendala dalam pelaksanaan karakter peduli sosial dialami seperti pada saat kegiatan membagi sembako pada warga disekitar lingkungan sekolah dan kegiatan bakti sosial membersihkan alun-alun Kendala yang dialami yaitu apabila kegiatan sosial yang dilakukan bekerja sama dengan dinas atau pihak luar, sekolah harus menyesuaikan waktu yang dikehendaki pihak luar sekolah. Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan karakter peduli sosial yaitu dengan sekolah menyesuaikan atau mengutamakan keputusan dari dinas atau pihak luar sekolah tersebut. Karakter peduli sosial siswa di SD Negeri 1 Kutosari sudah dilaksanakan dengan cukup baik.

Keywords

karakter peduli sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.