Penerapan Model Problem Based Learning Moda Blended Learning Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Dewi Indrapangastuti, Achmad Basari Eko Wahyudi, Wahyono Wahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik melalui penerapan model problem based learning moda blended learning pada siswa kelas VI SDN Wirogaten Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian berjumlah 37 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik; hal ini dibuktikan dengan data hasil pengamatan pembelajaran pada siklus 1 dan 2 bernilai baik, yaitu modus 4 (baik) dan data hasil tanggapan siswa pada siklus 1 dengan 67,6% setuju, menjadi 81,1% setuju pada siklus 2; dan (2) hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari rata-rata nilai pos tes siswa pada siklus 1 sebesar 69,05, menjadi 81,24 pada siklus 2.

Keywords

problem based learning model, blended learning mode, thematic learning, learning outcomes (model problem based learning, moda blended learning, pembelajaran tematik, hasil belajar)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.