Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi DRTA dan Media Cerita Bergambar

Nasikhah Afdila, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan strategi pembelajaran DRTA dan media cerita bergambar pada siswa kelas III. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Gemeksekti yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik nontes Hasil penelitian ini menunjukkan (1) langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran DRTA dan media cerita bergambar yaitu membuat prediksi berdasarkan judul, membuat prediksi berdasarkan gambar, menulis prediksi cerita, membaca bahan bacaan, menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi, (2) penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN1 Gemeksekti, (3) terdapat kendala dalam penerapan strategi pembelajaran DRTA dan media cerita bergambar dan terdapat solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi DRTA dan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 1 Gemeksekti tahun ajaran 2021/2022.

 

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.